Pansel: Komisioner Komnas HAM terpilih terus perkuat komunikasi

Jakarta Polri.co.id – Ketua Tim Panitia Seleksi (Pansel) Calon Anggota Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) RI Prof Anwar Makarim Wibisono menyarankan agar calon anggota yang terpilih terus memperkuat komunikasi dengan anggota periode lama atau periode saat ini.

“Tujuannya agar mendapatkan hal-hal apa yang dikembangkan periode sebelumnya. Artinya, ada keberlanjutan,” kata Ketua Tim Pansel Calon Anggota Komnas HAM RI Prof Anwar Makarim Wibisono di Jakarta, Selasa.

Baca juga: DPR gelar Rapat Paripurna setujui calon anggota Komnas HAM

Penguatan komunikasi tersebut diperlukan dalam pelaksanaan berbagai program-program yang menyangkut HAM. Apalagi, untuk periode 2022-2027 dari sembilan nama yang lolos uji kelayakan dan kepatutan tidak satupun calon petahana yang lolos.

“Tapi karena tidak terpilih yang lama maka harus dilakukan dengan relasi pribadi,” ujar dia.

Prof Makarim juga tidak meragukan kapasitas dari sembilan nama yang dipilih Komisi III tersebut sehingga diperkirakan akan mudah menjalin komunikasi dengan komisioner lama.

Komisi III DPR telah memilih sembilan dari 14 nama-nama calon Komisioner Komnas HAM periode 2022-2027. Nama tersebut ialah Atnike Nova Sigiro, Abdul Haris Semendawai, Anis Hidayah, Hari Kurniawan, Prabianto Mukti Wibowo, Pramono Ubaid Tanthowi, Putu Elvina, Saurlin P. Siagian, dan Uli Parulian Sihombing.

DPR RI pada Selasa pagi ini diketahui akan menggelar Rapat Paripurna dengan agendanya salah satunya pengambilan keputusan persetujuan terhadap sembilan calon anggota Komnas HAM periode 2022-2027.

Pengambilan keputusan tersebut dilakukan setelah Komisi III DPR menggelar uji kelayakan dan kepatutan terhadap 14 calon anggota Komnas HAM pada Jumat (30/9).

Baca juga: Pansel: Calon anggota Komnas HAM 2022-2027 penuhi asas gender

Baca juga: Komisi III minta calon anggota Komnas HAM terpilih buat terobosan

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © Polri.co.id 2022

Leave a Comment