NasDem dorong perdamaian dunia melalui dialog dan diplomasi

Kami juga akan mencari berbagai jalan untuk berpihak pada kepentingan rakyat Ukraina.

Jakarta Polri.co.id –

Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem mendorong agar perdamaian dunia dikedepankan melalui dialog dan diplomasi.

 

“Kami mendukung perjuangan agar perdamaian dunia selalu dikedepankan melalui dialog dan diplomasi,” kata Sekjen DPP Partai NasDem Johnny G. Plate saat menerima kunjungan persahabatan delegasi Parlemen Republik Ukraina bersama Duta Besar Ukraina untuk Republik Indonesia Vasyl Hamianin di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Jumat.

 

Partai besutan Surya Paloh itu menyampaikan dukungannya terhadap kedaulatan Ukraina.

 

Hadir dalam pertemuan tersebut, Wakil Ketua Parlemen Ukraina Olena Kondratiuk, Ketua Komite Kebijakan Luar Negeri dan Kerja Sama Antarparlemen Oleksandr Merezhko, dan Duta Besar Ukraina untuk Republik Indonesia Vasyl Hamianin.

 

Kedatangan delegasi parlemen Ukraina tersebut berlangsung usai mengikuti 8th G20 Parliamentary Speakers’ Summit (P20).

 

Kunjungan persahabatan tersebut disambut Ketua Bidang Hubungan Internasional DPP NasDem Martin Manurung, Sekretaris Bidang Hubungan Internasional DPP NasDem Sondang Tampubolon, serta sejumlah pengurus DPP NasDem.

 

Johnny menegaskan bahwa NasDem mendukung penuh perdamaian dunia agar seluruh pertengkaran, perperangan, dan ketidakstabilan yang terjadi di Ukraina dapat segera selesai sehingga masyarakat dan pemerintah Ukraina bisa membangun negaranya.

“Pada prinsipnya pertemuan ini untuk membangun relasi dan hubungan yang lebih dekat antara Indonesia dan Ukraina, antara Partai NasDem dan rekan-rekan partai yang saat ini sudah bersatu di Ukraina,” kata Johnny dalam keterangan tertulisnya.

Pada kesempatan tersebut, Johnny juga menyampaikan dukungan partainya dengan mendorong kerja sama-kerja sama bilateral antara Indonesia dan Ukraina di berbagai sektor, seperti industri, perdagangan, dan investasi.

 

 

Johnny menyebutkan NasDem memiliki Badan Rescue NasDem yang didorong agar dapat mengambil bagian kecil sekalipun dalam pemulihan masyarakat Ukraina.

 

“Kami juga akan mencari berbagai jalan untuk berpihak pada kepentingan rakyat Ukraina, sebagaimana apa yang telah dicontohkan Bapak Presiden Jokowi memberikan atau mendorong bantuan humanitarian agar rakyat Ukraina yang sedang kesulitan saat ini dapat terbantu,” katanya.

 

Sementara itu, Wakil Ketua Verkhovna Rada Ukraina (Parlemen Ukraina) Olena Kondratiuk menyampaikan terima kasihnya dari rakyat, parlemen, hingga Presiden Ukraina kepada masyarakat dan pemerintah Indonesia atas dukungan kedaulatan dan integritas teritorial Ukraina.

 

Olena menuturkan bahwa pertemuan dengan NasDem juga turut membahas berbagai bidang untuk kerja sama antara Ukraina dan Indonesia, baik antarpartai maupun antarparlemen.

Ia melihat kerja sama di antara kedua pihak bisa berkembang ke depannya.
 

“Kami tertarik untuk mendalami kerja sama, terutama di bidang perdagangan, ekonomi, maupun sosial, edukasi dan pertukaran mahasiswa. Kami juga bertukar pendapat untuk kerja sama di bidang informasi melawan disinformasi dan keamanan informasi,” kata Olena.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © Polri.co.id 2022

Leave a Comment