Mojokerto perluas kemampuan karang taruna melalui budi daya maggot

kita dituntut harus kreatif dan mau berkembang

Mojokerto Polri.co.id –

Pemerintah Kabupaten Mojokerto Jawa Timur memperluas kemampuan karang taruna setempat dengan pelatihan budi daya maggot, larva dari jenis lalat black soldier fly (BSF), karena mampu mengurangi sampah organik.

 

Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati di Mojokerto dalam keterangan pers Rabu mengatakan pelatihan budi daya maggot memiliki prospek bagus ke depannya yang dinilai mampu mengurangi sampah karena makanan maggot sendiri adalah sampah.

 

“Proses budi daya ini membutuhkan sampah organik yang menjadi makanan maggot sehingga ini salah satu solusi dari masalah sampah yang selalu kita hadapi. Kita tidak mungkin tidak menghasilkan sampah,” katanya di sela pembinaan kepemudaan bersama karang taruna se-Kabupaten Mojokerto di Kantor Kecamatan Jetis, Mojokerto.

 

Ikfina mengatakan, kegiatan budi daya maggot juga mampu membuka lapangan pekerjaan karena maggot bisa dijual sebagai pakan unggas dan ikan.  

 

 

Ia berpesan kepada karang taruna, agar tetap berfikir positif dan terus bergerak dan berinovasi serta tetap semangat, tetap berpikiran positif karena negara ini benar-benar kalau semuanya bergerak tidak cukup hanya berangan-angan.

 

“Kita butuh orang-orang yang mau berpikir dan kemudian bekerja dan saya yakin semua yang ada di sini bisa melakukan itu. Mari bersama-sama, bagaimana cara mengupayakan agar kita ini semakin produktif dan bisa menyelesaikan permasalahan yang ada,” ujarnya.

 

Ia menyinggung sumber daya manusia (SDM) di era society 5.0 ini harus benar-benar kreatif dan memiliki daya saing.

 

“Di era society 5.0 ini kita dituntut harus kreatif dan mau berkembang. Kalau kita tidak berkembang dan mengikuti perkembangan zaman, kita yang akan kalah dengan persaingan di era society ini,” ucapnya.

 

Bupati Ikfina juga mengapresiasi kegiatan yang diprakarsai oleh Bagian Kesra Sekda Pemerintah Kabupaten Mojokerto karena agenda ini temanya berdasarkan permintaan dari kecamatan masing-masing.

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © Polri.co.id 2022

Leave a Comment