Korut kecam laporan media Jepang tentang pasokan senjata ke Rusia

Jakarta Polri.co.id – Kementerian Luar Negeri Korea Utara mengecam pemberitaan media Jepang yang mengatakan bahwa Pyongyang telah memasok senjata ke Rusia.

Menurut seorang juru bicara Kemlu Korut dalam sebuah keterangan di laman kementerian itu, media Jepang telah membuat laporan palsu dan “pengalih perhatian paling absurd”.

Kemlu Korut mengatakan bahwa “transaksi senjata” itu tidak pernah terjadi.

Disebutkan dalam keterangan itu bahwa komunitas internasional harus fokus pada tindak kejahatan Amerika Serikat yang memasok Ukraina dengan berbagai senjata mematikan ketimbang mendengarkan rumor “transaksi senjata” antara Korut dan Rusia.

“Pada kesempatan ini saya ingin katakan bahwa orang-orang Rusia adalah orang-orang paling berani dengan kemauan dan kemampuan membela keamanan dan integritas teritorial negara mereka tanpa dukungan militer dari pihak lain,” kata juru bicara itu.

Sebelumnya, kantor berita Jepang Kyodo yang mengutip pejabat AS melaporkan bahwa Korut pada November menjual senjata kepada kelompok tentara bayaran Rusia yang terlibat dalam invasi ke Ukraina.

Washington telah mengonfirmasi bahwa Korut mengirimkan “roket dan rudal infanteri” ke Rusia untuk digunakan oleh Grup Wagner, kata Duta Besar AS untuk PBB Linda Thomas-Greenfield dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: AS: Korut jual senjata ke tentara bayaran Rusia untuk perang Ukraina

Baca juga: Korea Utara dukung pencaplokan empat wilayah Ukraina oleh Rusia

 

Korea Utara tembakkan rudal balistik di lepas pantai timur



 

Pewarta: Anton Santoso
Editor: Tia Mutiasari
COPYRIGHT © Polri.co.id 2022

Leave a Comment