Klasemen Liga 2 selepas Persipura kembali puncaki Grup Timur

Jakarta Polri.co.id – Persipura Jayapura kembali memuncaki klasemen sementara Grup Timur meski hanya memetik hasil imbang tanpa gol saat melakoni pertandingan tandang melawan Persewar Waropen dalam laga pekan ketujuh Liga 2 Indonesia di Stadion Mandala, Jayapura, Sabtu.

Tambahan satu poin cukup untuk mengantarkan Persipura melompat ke puncak dengan koleksi 11 poin, melewati Persiba Balikpapan (10) yang pekan ini tak memiliki jadwal pertandingan.

Kenaikan Persipura ke puncak klasemen juga tidak lepas dari hasil kurang optimal yang diperoleh Persipal Babel United, yang ditahan imbang tanpa gol oleh tamunya Putra Delta Sidoarjo di Stadion Gawalise.

Baca juga: Persipura ke puncak klasemen Timur setelah imbangi Persewar

Persipal harus puas tertahan di posisi ketiga klasemen karena kalah produktivitas gol dibandingkan Persiba, meski kedua tim sama-sama memiliki 10 poin.

Satu pertandingan lain di Grup Timur memperlihatkan keberhasilan Sulut United mengatasi PSBS Biak dengan skor 1-0 di Stadion Klabat, Manado, berkat tren kesuburan yang berlanjut dari Eksel Runtukahu.

Sulsel United naik ke posisi kelima klasemen dengan koleksi sembilan poin, sedangkan PSBS tertahan di urutan kedelapan dengan catatan empat poin.

Baca juga: Persipal BU jaga catatan nirkalah usai hasil imbang kontra Putra Delta

Bekasi City kukuh di puncak Tengah

Rangkaian jadwal pekan ketujuh Sabtu memainkan seluruh lima pertandingan Grup Tengah, termasuk bekasi City yang meraih kemenangan tipis 1-0 di markas Persekat Tegal.

Gol semata wayang Herman Dzumafo dari titik putih di Stadion Tri Sanja cukup untuk mengukuhkan posisi Bekasi City di puncak Tengah dengan koleksi 16 poin.

Bekasi City nyaman di puncak Tengah dengan keunggulan empat poin atas Persijap Jepara, yang dalam laga lain harus susah payah mengimbangi tamunya Persela Lamongan dengan skor 2-2 di Stadion Gelora Bumi Kartini.

Gresik United dan PSCS Cilacap masing-masing naik ke posisi ketiga dan keempat klasemen Grup Tengah, setelah keduanya kompak membukukan kemenangan.

Baca juga: PSCS Cilacap borong tiga poin dari markas Nusantara United

Gresik United membungkam PSIM Yogyakarta dengan skor 2-0, sedangkan PSCS membawa pulang tiga poin penuh setelah menundukkan tuan rumah Nusantara United 1-0 di Magelang.

Pekan ketujuh ini juga diwarnai keberhasilan Persipa Pati membukukan kemenangan kandang pertama mereka musim ini seusai mengatasi Persikab Bandung 2-0.

Persipa naik ke posisi kelima klasemen dengan raihan sembilan poin.

Baca juga: Persipa Pati petik kemenangan kandang perdana usai taklukkan Persikab

Keunggulan PSMS di Barat terpangkas

Pemuncak klasemen Grup Barat PSMS Medan harus rela mendapati keunggulan mereka atas para pesaing terpangkas, pasalnya Tim Ayam Kinantan beristirahat tanpa jadwal pertandingan akhir pekan ini.

“Saudara tiri” PSMS, Karo United meraih kemenangan tipis 1-0 di markas PSPS Riau untuk memantapkan kedudukan di posisi kedua dengan koleksi 12 poin atau hanya terpaut empat poin dari puncak.

Sedangkan Sriwijaya FC mengantungi tiga poin penuh dari lawatan ke markas PSCK Cimahi berkat gol larut Amirul Mukminin yang mengunci kemenangan tipis 1-0.

Sriwijaya kini naik ke posisi ketiga klasemen dengan koleksi 11 poin.

Berikut hasil lengkap pertandingan pekan ketujuh Liga 2 (dalam WIB, tuan rumah disebut pertama):

Jumat (30/9)

(Barat) PSDS Deli Serdang 1 – Semen Padang 1 (Purnomo 66′; Silvio Escobar p-90+4′)

(Timur) Deltras Sidoarjo 5 – Kalteng Putra 0 (Rendi Irwan 57′, Muhammad Afrizhan 59′, Samsudin 64′, Amabel Ramansyah 83′, Martinus Novianto Ardhi 89′)

Sabtu (1/10)

(Timur) Persewar Waropen 0 – Persipura Jayapura 0

(Timur) Sulut United 1 – PSBS Biak 0 (Eksel Runtukahu 39′)

(Timur) Persipal Babel United 0 – Putra Delta Sidoarjo 0

(Tengah) Gresik United 2 – PSIM Yogyakarta 0 (Achmad Subagja Baasith bd-29′, I Gede Sukadana 65′)

(Tengah) Nusantara United 0 – PSCS Cilacap 1 (Riza Riski 85′)

(Tengah) Persekat Tegal 0 – Bekasi City 1 (Herman Dzumafo p-10′)

(Tengah) Persipa Pati 2 – Persikab Bandung 0 (Tri Handoko Putro 2′, Riski Novriansyah 15′)

(Barat) PSPS Riau 0 – Karo United 1 (Faisal Ramadoni 8′)

(Barat) Persiraja Banda Aceh 1 – Perserang Serang 0 (Perda Rahman 38′)

(Barat) PSKC Cimahi 0 – Sriwijaya FC 1 (Amirul Mukminin 88′)

(Tengah) Persijap Jepara 2 – Persela Lamongan 2 (Indra Arya 33′, Rendy Setiawan 81′; Risqki Putro Utomo 28′, Zulham Zamrun 51′)

Klasemen Liga 2 Indonesia

Baca juga: Jadwal Liga 2 Sabtu: Derbi Papua menjelma perebutan puncak Timur

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © Polri.co.id 2022

Leave a Comment