KJRI Kuching lakukan pemulangan jenazah PMI lansia ke Sanggau

Kuala Lumpur Polri.co.id – Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Kuching memfasilitasi proses pemulangan jenazah seorang pekerja migran Indonesia (PMI) yang meninggal di Sarawak ke Desa Balai Karangan di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat.

Dalam keterangan tertulis yang diterima di Kuala Lumpur, Rabu, menyebutkan Konsul Jenderal RI di Kuching R Sigit Witjaksono memimpin langsung proses pemulangan jenazah warga negara Indonesia (WNI) bernama Edi Wahid tersebut ke Indonesia untuk diserahkan kepada aparat Desa Balai Karangan dan dikebumikan di sana.

Edi Wahid yang merupakan PMI non-prosedural berusia 73 tahun ditemukan meninggal dunia di sebuah pondok yang sudah tidak digunakan lagi di daerah Simunjan, Sarawak, Malaysia, pada 19 Juli 2022.

Baca juga: BIN dan pemuda Papua promosikan desa wisata di Fakfak

KJRI Kuching tidak mengetahui dengan siapa dan di mana yang bersangkutan bekerja. Selain itu tidak dapat tidak diketahui teman atau sanak keluarganya yang dapat dihubungi.

Sesuai dengan identitas berupa buku Pas Lintas Batas (PLB) yang dikeluarkan oleh Kantor Imigrasi Entikong yang ditemukan bersama jasad Edi, almarhum beralamat di Balai Karangan, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat.

Namun demikian, Sigit mengatakan setelah KJRI Kuching melakukan penelusuran dibantu oleh aparat terkait di daerah Balai Karangan, diketahui bahwa yang bersangkutan diduga bukan penduduk asli desa tersebut melainkan pendatang yang diberikan dokumen oleh pihak terkait sehingga tidak dapat ditemukan keluarga atau ahli warisnya di desa tersebut.

Baca juga: Pemda diajak berdayakan desa cegah PMI tak sesuai prosedur

Keputusan memulangkan jenazah Edi ke Tanah Air, menurut dia, karena sudah terlantar di Rumah Sakit Serian selama dua bulan, dan penelusuran ahli waris di Indonesia mengalami kebuntuan.

Akhirnya KJRI Kuching memulangkan jenazah almarhum ke Indonesia untuk diserahkan kepada aparat Desa Balai Karangan untuk dikebumikan di sana.

Baca juga: Ombudsman RI motivasi pekerja migran agar jadi agen perubahan

Baca juga: Kemlu pastikan perlindungan pekerja Indonesia di perkebunan Inggris

Pewarta: Virna P Setyorini
Editor: Fardah Assegaf
COPYRIGHT © Polri.co.id 2022

Leave a Comment