Kemenkominfo galang dukungan pencalonan ITU lewat pertemuan bilateral

Jadi ada beberapa pertemuan bilateral lagi yang harus dilakukan

Jakarta Polri.co.id – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) berupaya menggalang dukungan dalam pencalonan Dewan International Telecommunication Union (ITU) dan keanggotaan Radio Regulations Board (RRB) Region E Asia-Australasia melalui pertemuan bilateral bersama perwakilan negara anggota dan lembaga internasional.

“Hari ini kami punya kesempatan untuk melakukan beberapa pertemuan bilateral, tadi baru saja bertemu dengan Kementerian Riset, Inovasi dan Digitalisasi Rumania dan ANKOM Rumania, di mana mana Rumania memberikan dukungan untuk kandidasi Indonesia di ITU Council dan Radio Regulations Board,” ujar Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate di Palace of Parliament, Bucharest, Rumania, Rabu (28/09) waktu setempat.

Selain dengan Menteri Rumania Sebastian-Loan Burduja, Menteri Johnny juga menggelar pertemuan dengan Menteri Komunikasi dan Teknologi Tunisia Nizar Ben Nezi, dan Menteri Transportasi dan Komunikasi Timor Leste Jose Agustinho da Silva.

Baca juga: Kemenkominfo galang dukungan Indonesia masuk dewan ITU

“Jadi ada beberapa pertemuan bilateral lagi yang harus dilakukan dalam rangka menggalang dukungan untuk kandidasi Indonesia di ITU 2022 ini,” jelasnya.

Selain pertemuan bilateral, Kementerian Kominfo menginisiasi kegiatan Indonesian Night dengan menyajikan pagelaran seni budaya dan tarian dari Indonesia.

“Akan ada juga eksibisi tenunan karya Indonesia di samping tentu yang utama adalah kita sekali lagi untuk menggalang dukungan atas usaha kita untuk menjadi Anggota ITU Council dan mendukung Pak Meiditomo sebagai Anggota Radio Regulations Board Region E,” ujar Menkominfo.

Menurut Menteri Johnny, dalam setiap pencalonan di tingkat multilateral, dukungan dan pemilihan kandidat tentu bisa selalu berubah. Namun demikian, Indonesia masih menjadi salah satu kandidat kuat bersama dengan empat negara lain di Region E Asia dan Australasia.

“Mudah-mudahan kita semakin kuat (menduduki posisi Anggota RRB Region E) bersama-sama dengan Saudi Arabia dan India. Kita terus menggalang dukungan,” jelasnya.

Menkominfo menyatakan bahwa Indonesia sudah sejak lama memberikan dukungan kepada ITU Council dengan keahlian dan kebijakan yang telah disiapkan.

Baca juga: Menkominfo terima dukungan pencalonan dewan ITU di “Indonesian Night”

“Dari informasi dan laporan yang saya peroleh dukungan terhadap Indonesia di Council makin kuat. Nanti kita lihat pemilihannya di tanggal 3 Oktober 2022.

Menteri Johnny mengajak seluruh pihak untuk optimis dan terus memberikan dukungan kepada Indonesia dalam Forum ITU.

“Yang namanya berjuang harus selalu optimis sampai last minute, kita never give up. Tim negosiasi dari Kominfo terus bekerja dan terus bergerak melakukan berbagai pendekatan dengan berbagai cara, termasuk menyiapkan pin ‘Vote for Indonesia’. Pin ini didistribusikan untuk mengingatkan bahwa Indonesia mencalonkan diri untuk Council dan Anggota Radio Regulations Board, usaha itu akan terus kita lakukan sampai saat pemilihan,” jelasnya.

Menkominfo Johnny G. Plate juga melakukan wawancara dengan ITU selaku penyelenggara Plenipotentiary Conference 2022.

​​

Baca juga: Menkominfo apresiasi inisiatif ITU pada DEWG G20

Baca juga: Indonesia bertekad dukung konektivitas universal untuk anggota ITU

Baca juga: Indonesia bertekad dukung konektivitas universal untuk anggota ITU

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © Polri.co.id 2022

Leave a Comment