Kedubes Polandia rayakan hubungan dengan Indonesia lewat pameran POLA

Jakarta Polri.co.id – Kedutaan Besar Polandia di Jakarta menggelar pameran seni tekstil kontemporer bertajuk “POLA” di Museum Nasional untuk merayakan hubungan negara itu dengan Indonesia dan mempromosikan budaya kedua bangsa.

Dalam sambutannya di acara pembukaan pameran pada Senin, Duta Besar Polandia untuk Indonesia Beata Stoczynska mengatakan bahwa acara itu ditujukan untuk menampilkan tekstil kontemporer Polandia dalam konteks seni batik Indonesia yang telah dikenal di seluruh dunia.

“Serta untuk memperingati Hari Batik Nasional Indonesia yang dirayakan kemarin (Minggu, 2/10),” katanya.

Pameran itu menampilkan 60 karya seniman ternama Polandia yang telah melalui proses seleksi pada kompetisi tingkat nasional oleh dewan juri yang terdiri dari sejumlah tokoh seni dari Polandia dan Indonesia.

Karya-karya multimedia tersebut diperkaya dengan fakta-fakta mengenai sejarah teknik tekstil tradisional Polandia dan Kota Lodz yang merupakan pusat tekstil di negara itu.

Selain itu, sejumlah koleksi khusus batik Indonesia kuno koleksi Museum Nasional juga turut ditampilkan dalam pameran tersebut.

Stoczynska berharap agar pameran tersebut dapat semakin memperkenalkan seni budaya Polandia pada masyarakat Indonesia.

“Saya harap pameran ini akan memperdalam hubungan kita, berkontribusi terhadap pemahaman yang lebih dalam terhadap budaya masing-masing dan yang juga penting, membawa inspirasi bagi kita semua untuk semakin mendekatkan Indonesia dan Polandia,” tambahnya.

Pameran itu dibuka untuk umum pada 4-30 Oktober 2022.

Baca juga: KBRI promosikan bisnis, pariwisata Indonesia kepada pengusaha Polandia

Baca juga: Polandia puji keberhasilan Indonesia turunkan kasus COVID-19

Baca juga: Polandia ingin berkontribusi dalam keketuaan G20 Indonesia

Pewarta: Aria Cindyara
Editor: Anton Santoso
COPYRIGHT © Polri.co.id 2022

Leave a Comment