Kecamatan Makasar teruskan penghijauan di kolong Tol Becakayu

Jakarta Polri.co.id – Kecamatan Makasar, Jakarta Timur, meneruskan kegiatan penghijauan di kolong Tol Becakayu atau Jalan Laksamana Malahayati 
sebagai bagian dari penataan kawasan di kecamatan tersebut.

Camat Makasar, Kamal Alatas mengatakan, pihaknya berkolaborasi dengan Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Timur untuk menata kawasan yang masuk program unggulan penataan tingkat kecamatan.

“Program penataan kolong Tol Becakayu terus kita lanjutkan agar lebih hijau, sejuk dan asri karena ini merupakan penataan kawasan unggulan tingkat kecamatan maupun kelurahan,” kata Kamal Alatas di Jakarta, Rabu.

Kamal menambahkan, penghijauan di sepanjang kawasan kolong Tol Becakayu itu juga mendapat apresiasi dari Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Kamal mengatakan pertanian perkotaan (urban farming) menjadi pilihan bagi Kecamatan Makasar untuk melakukan penataan kawasan kolong Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) tersebut.

“Kita bekerjasama dengan Sudin Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Timur untuk penanaman sayuran seperti kangkung, bayam, cabai, kol atau kubis, pakcoy dan lain sebagainya,” ujar Kamal.

Baca juga: DKI Jakarta gencarkan pertanian perkotaan

Baca juga: Pemkot Jaktim tanam 150 pohon di kolong Tol Becakayu

Kepala Seksi (Kasi) Jalur Hijau dan Pemakaman Suku Dinas (Sudin) Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Timur, Atang Setiawan mengatakan, program penghijauan di kolong Tol Becakayu saat ini sudah dilengkapi dengan berbagai tanaman, seperti soka, widela, pilo kuning, hanjuang kribo dan gandarusa merah.

Saat ini tercatat sebanyak 10 ribu tanaman yang ditanam di kolong Tol Becakayu tersebut oleh petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU).

Atang mengatakan, pihaknya juga akan menanam lagi sekitar 4.000 tanaman hias, seperti pilo kuning, gandarusa merah dan lainnya.

“Seluruh tanaman hias ini kita ambil dari Kebon Bibit Taman Pulo Indah (TPI) Cakung dan TPU Malaka, Pondok Kopi,” ujar Atang.

 

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Leave a Comment