KBRI Kairo gelar forum bisnis untuk dukung Trade Expo Indonesia

Jakarta Polri.co.id – KBRI Kairo menyelenggarakan pertemuan dengan pelaku bisnis Mesir di Kota Alexandria, Senin (3/10), untuk mendukung pelaksanaan Trade Expo Indonesia (TEI) yang akan dilaksanakan mulai Oktober 2022.

Dalam pertemuan tersebut, Duta Besar RI untuk Mesir Lutfi Rauf mengajak para pengusaha Mesir untuk dapat berkunjung pada kegiatan pameran dagang TEI 2022 guna melihat secara langsung produk produk unggulan Indonesia, prospek investasi, dan potensi di sektor pariwisata.

Lutfi menyebut momentum TEI dapat dimanfaatkan sebagai upaya untuk meningkatkan kerja sama perdagangan antara kedua negara, demikian keterangan tertulis KBRI Kairo pada Rabu.

Ia juga menyoroti hubungan perdagangan Indonesia-Mesir, yang terbangun selama 75 tahun telah mencapai level dinamis, dan tidak saling bersaing, melainkan saling mendukung dan saling melengkapi.

Dalam sesi tanya jawab, Ketua Federasi Pebisnis dan Investor Mesir Alaa El-Isawy menyambut baik kegiatan pameran TEI dan berkomitmen membantu penyebaran program-program promosi Trade Tourism & Investment yang diselenggarakan oleh pihak Indonesia kepada para anggotanya.

Sementara itu, seorang pebisnis Mesir Adel Hommos mengungkapkan harapan mendapatkan rekomendasi tentang perusahaan Indonesia yang dapat berinvestasi di Mesir untuk menjajaki kerja sama di bidang briket arang batok kelapa. 

Alasannya, bahan baku produk tersebut yang hanya ada di Indonesia dan tidak ada di Mesir.

Kemudian, pelaku usaha bidang sabun dan kosmetik Gehane Nasser mengharapkan dukungan KBRI Kairo untuk memfasilitasi pertemuan dengan pengekspor produk perawatan wajah dan kosmetik dari Indonesia.

Atase Perdagangan KBRI Kairo Irman Adi Purwanto Moefthi mengatakan tim KBRI Kairo akan memberikan pendampingan bagi para pelaku usaha Mesir sejak ketibaan di bandara hingga pelaksanaan TEI berlangsung.

Para buyer diharapkan dapat memanfaatkan berbagai momentum kegiatan yang disiapkan seperti Business Forum, Business Matching, Kontak Dagang, dan Interactivity Tools (live chat) selama TEI 2022.

Forum bisnis itu dihadiri lebih dari 40 pengusaha dari wilayah Alexandria dan sekitarnya serta beberapa provinsi Mesir lainnya, seperti Dakahlia, Beni Suef, dan Kairo. 

Dalam acara itu, juga dilakukan pemutaran video promosi TEI 2022, video tutorial registrasi buyer dan visitor, serta pemaparan informasi seputar pelaksanaan TEI berikut rangkaian kegiatannya.

TEI akan diselenggarakan secara fisik di ICE BSD, Banten, pada 19-23 Oktober 2022 dan secara daring interaktif pada 19 Oktober-19 Desember 2022.

Baca juga: Indonesia pamer produk makanan, minuman di Cairo Supermarket Expo

Baca juga: RI raup transaksi Rp47 miliar di pameran “Food Africa” Mesir

 


Pengusaha Mesir mulai lirik potensi Kalsel

 

Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Tia Mutiasari
COPYRIGHT © Polri.co.id 2022

Leave a Comment