Kapal RS Youhao selesaikan misi pertama di Laut China Selatan

Beijing Polri.co.id – Kapal rumah sakit Youhao milik Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) dilaporkan telah merapat di Pelabuhan Zhanjiang, Provinsi Guangdong.

Kapal tersebut telah menyelesaikan misi wisata medis pertamanya di Kepulauan Xisha dan Nansha di Laut China Selatan, demikian laman resmi PLA, Senin.

Sekitar 40 tenaga ahli dari Rumah Sakit Komando Armada Selatan PLA telah menyelesaikan tur medis di 13 lokasi di Kepulauan Xisha dan Nansha selama 18 hari.

Kapal tersebut telah menempuh perjalanan hampir 4.000 mil laut dengan membawa tenaga medis untuk memberikan pelayanan kepada lebih dari 5.000 orang dan melakukan 60 kali operasi bedah.

Tim medis melakukan pemeriksaan fisik terhadap pasukan yang ditempatkan di setiap pulau di Laut China Selatan.

Pada saat yang sama, tim medis juga melakukan penelitian mendalam tentang penyakit umum yang terjadi di pulau-pulau itu sambil menjalankan misi wisata medis.

Mereka menggunakan mahadata (bigdata) untuk menganalisis dan mendiagnosis penyakit umum dan mendiagnosisnya serta memberikan perawatan kesehatan yang dibutuhkan personel militer di pulau-pulau tersebut.

Komandan Kapal Youhao Wang Jiwu mengatakan bahwa misi tersebut merupakan kegiatan reguler untuk memberikan pelayanan kepada personel militer, warga sipil, nelayan, dan awak kapal komersial yang berlayar di sekitar pulau-pulau itu.

Kapal rumah sakit Youhao mulai berdinas di Komando Armada Selatan PLA sejak November 2020.

Baca juga: Kapal RS “Peace Ark” China akan kunjungi Indonesia

Baca juga: Asosiasi: Sektor pembuatan kapal China terus pimpin pasar dunia

Baca juga: China gelar pasukan saat kunjungan senator AS kunjungi Taiwan

Pewarta: M. Irfan Ilmie
Editor: Atman Ahdiat
COPYRIGHT © Polri.co.id 2022

Leave a Comment