Kanwilkumham DKI paparkan capaian pencegahan pungli kepada narapidana

Jakarta Polri.co.id – Kantor Wilayah Hukum dan HAM (Kanwilkumham) DKI Jakarta memaparkan capaian kinerja dalam penilaian Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) oleh tim Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi (KemenPAN-RB) secara daring.

Kepala Kanwilkumham DKI Jakarta Ibnu Chuldun mengatakan, capaian yang telah dilakukan di antaranya pencegahan pungutan liar (pungli) oleh oknum petugas kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di rutan dan lapas wilayah Kanwilkumham DKI.

“Dalam pemenuhan ZI (Zona Integritas) di 28 Satker (Satuan Kerja) kami sudah ada 10 satuan kerja kami yang telah meraih predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan WBBM. Tahun ini ada dua UPT kami yang menuju WBK,” kata Ibnu Chuldun di Jakarta, Kamis.

Ibnu menambahkan, capaian lainnya seperti cuti menjelang bebas (CMB) dapat dilakukan secara daring melalui aplikasi sistem database pemasyarakatan yang prosesnya dapat dipantau keluarga WBP.

Baca juga: Kanwilkumham DKI evaluasi pemberian makan warga binaan

Ibnu Chuldun mengatakan, WBP berhak mengajukan dan memperoleh remisi, asimilasi, pembebasan bersyarat (PB) serta cuti bersyarat (CB).

“Pemenuhan hak-hak narapidana remisi, PB, CB, CMB dan asimilasi diberikan secara ‘online‘, cepat, transparan, objektif dan tanpa pungli,” ujar Ibnu.

Dia mengatakan, pengusulan remisi, PB, dan asimilasi hanya membutuhkan tiga hari. Sedangkan pengusulan cuti bersyarat membutuhkan dua hari sehingga proses administrasi tidak perlu menunggu lama.

Proses pengajuan secara daring itu juga dapat mencegah pungli yang dilakukan oknum petugas dan sudah dibuktikan dengan predikat WBK diraih Kanwilkumham DKI Jakarta.

Ibnu juga menjelaskan, Kanwilkumham DKI Jakarta memiliki lima keunggulan, yaitu satu-satunya kantor wilayah yang mendapatkan penghargaan dari BNN RI terkait dengan P4GN.

Baca juga: Kanwilkumham DKI musnahkan 800 telepon milik napi di Lapas Salemba

Kanwilkumham DKI secara konsisten juga telah melaksanakan revitalisasi fungsi Kanwil sebagai “law and humans right center” seperti pengharmonisan, pembuatan dan pemantapan konsepsi raperda.

Keunggulan ketiga, yaitu menjadi satu-satunya kantor wilayah yang diusulkan ke Tim Penilaian Nasional KemenPAN-RB sesuai Surat Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM RI Nomor SEK-OT.03.03-21.

Keempat, Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta mendapatkan nilai 81,65 dengan predikat A (memuaskan) Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Tahun 2021.

Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta juga telah membuka layanan publik pada dua pusat perbelanjaan. “Yaitu Pusat Grosir Cililitan Jakarta Timur dan Pasar Pagi Mangga Dua Jakarta Utara,” tutur Ibnu.

 

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © Polri.co.id 2022

Leave a Comment