Jasa porter gratis untuk penumpang tersedia di Stasiun Senen

supaya tidak repot naik keretanya saat lewat tangga

Jakarta Polri.co.id – Stasiun Pasar Senen Jakarta memfasilitasi jasa porter relawan gratis untuk membantu meringankan barang bawaan penumpang selama masa keberangkatan libur Natal dan Tahun Baru 2023.

“Kami di sini untuk membantu penumpang yang barang bawaannya banyak, disabilitas, ibu-ibu yang membawa anak supaya tidak repot naik keretanya saat lewat tangga,” kata salah satu porter relawan, Rusdi, di Stasiun Pasar Senen Jakarta, Jumat.

Rusdi (56) mengaku sudah ada satu bulan ia bertugas sebagai porter relawan selama masa Natal-Tahun Baru 2023.

Ia pun selalu menawarkan penumpang yang dinilainya kerepotan membawa barang melintasi terowongan menuju peron tiga dan empat saat akan berangkat ataupun sebaliknya.

Baca juga: Keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen masih tinggi jelang Tahun Baru

Namun, banyak penumpang yang enggan dibantu karena mereka berpikir diharuskan membayar jasa porter.

“Padahal, kita sudah bilang tidak dipungut bayaran, tapi mungkin penumpang tidak enak kalau tidak bayar,” katanya.

Ketua Porter Stasiun Pasar Senen Khasdi mengatakan setiap porter ditugaskan untuk menjadi porter relawan setiap hari selama satu kali.

“Jadi, masing-masing porter ada jadwalnya. Setiap hari selama satu kali atau satu kereta. Tiap kereta ada dua porter relawan yang bertugas,” katanya.

Baca juga: Jumlah penumpang di Stasiun Gambir & Pasar Senen kembali meningkat

Secara total ada 175 porter baik relawan maupun dengan tip di Stasiun Pasar Senen yang melayani jasa angkut untuk memudahkan penumpang.

Adapun KAI Daop 1 Jakarta menyediakan layanan porter gratis yang tidak perlu dibayar.

Layanan porter gratis tersebut memiliki ciri khusus yakni menggunakan seragam khusus berupa rompi berwarna oranye.

Proaktif

Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan petugas pada layanan tersebut secara proaktif akan membantu penumpang yang terlihat membutuhkan bantuan khususnya pada lansia, disabilitas, ibu hamil dan anak-anak yang akan melintasi terowongan menuju peron tiga dan empat saat akan berangkat ataupun sebaliknya.

Baca juga: Jumlah penumpang di Stasiun Pasar Senen tembus 18 ribu orang

“Layanan porter gratis dihadirkan karena pada musim liburan karakteristik penumpang KA yang berangkat mayoritas bersama keluarga dan membawa anak serta barang bawaan yang cukup banyak,” kata Eva.

Para pelanggan KA di Stasiun Pasar Senen yang akan menuju kereta di jalur tiga dan empat dapat memanfaatkan layanan porter gratis tersebut.

Sementara untuk layanan porter dengan tip jasa sesuai kebijakan pengguna juga masih juga masih ada untuk membantu pelanggan KA di area Stasiun.

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © Polri.co.id 2022

Leave a Comment