Jakbar ajukan tiga sekolah berkonsep “Net Zero Carbon”

Jakarta Polri.co.id – Pemerintah Kota Jakarta Barat mengajukan usul kepada Suku Dinas Pendidikan setempat untuk menambah tiga sekolah berkonsep “Net Zero Carbon” atau rendah emisi.

“Dimungkinkan ada penambahan tiga sekolah di wilayah Jakarta Barat II,” kata Kepala Suku Dinas Pendidikan Jakarta Barat, Junaedi saat dihubungi di Jakarta, Kamis.

Hal tersebut menambah daftar jumlah sekolah emisi rendah di Jakarta Barat yang saat ini baru satu, yakni SMAN 96 di kawasan Cengkareng.

Menurut Junaedi, sekolah dengan konsep “Net Zero Carbon” sangat berguna untuk siswa, sekolah maupun warga sekitar.

“Konsep ini bisa menghemat energi seperti listrik dan pencahayaan pun menjadi cukup. Kondisi tersebut juga berdampak kepada kesehatan siswa dalam belajar,” kata Junaedi.

Dengan demikian, proses belajar-mengajar bisa berjalan selaras dengan program penghematan energi yang sedang digaungkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Pihaknya sudah berkomunikasi dengan Bidang Prasarana Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta. Dia berharap rencana tersebut bisa terealisasi dalam waktu dekat.

Tercatat ada empat sekolah di DKI Jakarta yang sudah berkonsep “Net Zero Carbon”. Yakni SDN Duren Sawit 14 Jakarta Timur, SD Grogol Selatan 09 Jakarta Selatan, SDN Ragunan 08 dan 09 Jakarta Selatan dan SMAN 96 Cengkareng Jakarta Barat.

Baca juga: Gubernur DKI resmikan “Sekolah Net Zero” 2022

Baca juga: Sekolah bersertifikat bangunan sehat di DKI perlu diperbanyak


 

Pewarta: Walda Marison
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © Polri.co.id 2022

Leave a Comment