Jakarta Utara perbaiki saluran air tak lancar

warga dapat ikut memelihara saluran air

Jakarta Polri.co.id РPemerintah Kota Jakarta Utara (Pemkot Jakut) memperbaiki sejumlah titik saluran air di daerah itu karena alirannya tidak lancar agar tidak menimbulkan genangan saat hujan.

“Kami berharap setelah selesai diperbaiki, warga dapat ikut memelihara saluran air, supaya saat hujan, air dapat mengalir dengan baik,” kata Kepala Satuan Pelaksana SDA Kecamatan Penjaringan Pendi di Jakarta Utara, Senin.

Pendi mengungkapkan kebanyakan saluran air di lingkungan warga, tertutup oleh tanah sehingga aliran air tidak lancar.

Ia memberikan contoh, saluran air di Jalan Arwana V, Blok I, RT19/RW01 Kelurahan Pejagalan yang diperbaiki oleh sejumlah petugas lapangan Sudin SDA Kecamatan Penjaringan sejak 26 September lalu.

Saluran air sepanjang 180 meter di lingkungan RW 01 Kelurahan Pejagalan tersebut diperbaiki agar aliran air lancar kembali.

Baca juga: PLN percepat pemulihan pasokan listrik di DKI setelah banjir

Pendi mengatakan perbaikan yang dilakukan antara lain penggalian sekaligus menurap ulang saluran air yang memiliki panjang 180 meter, lebar 10 sentimeter dan memiliki kedalaman 50 sentimeter itu.

Setelah selesai, saluran air dipasangi penutup saluran air yaitu U-Ditch. Lama pengerjaan diperkirakan hingga satu bulan.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Jakarta Utara (Pemkot Jakut) telah meminta warga senantiasa peduli dan menjaga kebersihan saluran air terdekat guna menghindari potensi banjir lokal saat musim hujan tiba.

Warga bisa ikut berpartisipasi dalam mengantisipasi musim hujan ini dengan tidak membuang sampah sembarangan serta selalu menjaga kebersihan di sekitar saluran air.

Supaya ketika intensitas hujan tinggi, air bisa cepat surut dengan waktu kurang lebih satu jam.

Baca juga: Kelurahan Kampung Melayu bantu warga korban banjir Kebon Pala

Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim memaparkan upaya Pemerintah Kota Jakarta Utara mengantisipasi cuaca ekstrem di Jakarta telah dilaksanakan sejak dua hingga tiga bulan lalu oleh jajaran petugas Satuan Pelaksana Suku Dinas setempat.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © Polri.co.id 2022

Leave a Comment