Jakarta Selatan siapkan pompa antisipasi banjir pada malam tahun baru

menyambungkan saluran pinggir jalan ke mesin kemudian langsung dibuang ke kali

Jakarta Polri.co.id – Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan (Pemkot Jaksel) menyiapkan sejumlah pompa air yakni stasioner, portabel (mobile), dan terowongan (underpass) sebagai antisipasi banjir pada malam Tahun Baru 2023, Sabtu (31/12).

“Jadi, Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Selatan membuat terobosan dengan menyambungkan saluran pinggir jalan ke mesin kemudian langsung dibuang ke kali,” kata Wali Kota Jakarta Selatan Munjirin saat ditemui di Rumah Pompa Kemang, di Jakarta, Jumat.

Munjirin menuturkan pihaknya telah mempersiapkan sebanyak 41 rumah pompa stasioner dengan jumlah pompa sebanyak 87 unit dalam keadaan baik dan siap beroperasi.

Kemudian, ada juga pompa portabel sebanyak 75 unit dengan empat tipe yakni sembilan unit truk, 27 unit trailer, 14 unit portabel dan 25 unit portabel apung.

Baca juga: Kota Tua dipadati pengunjung di liburan jelang Tahun Baru 2023

“Dari 75 unit pompa portabel, 71 di antaranya dalam keadaan baik dan empat lainnya dalam proses perbaikan sehingga diharapkan bisa beroperasi pada malam tahun baru,” katanya. 

Selain itu, pompa terowongan (underpass) sejumlah 30 unit tersebar di tujuh lokasi Jakarta Selatan yang semuanya sudah siap beroperasi.

Selain pompa air, 85 unit pintu air sudah disiapkan yang terdiri dari 50 unit pintu air di rumah pompa stasioner dan 35 unit pintu air di luar lokasi pompa stasioner Sudin SDA Kota Administrasi Jakarta Selatan.

Pihaknya juga rutin mengeruk Waduk Dharmawangsa yang ditujukan sebagai salah satu area pengendali banjir pada saat musim hujan di sekitar kawasan Kebayoran Baru dan Cilandak.

Baca juga: Petasan dilarang saat malam tahun baru di Sudirman-Thamrin

“Lokasi pengerukan ini meliputi area ITC Fatmawati, Jalan Haji Nawi, Jalan Nipah, Jalan Sawo, Jalan Damai, Jalan Kirai, Jalan Dharmawangsa X, dan Taman Gajah,” tambahnya.

Munjirin menambahkan, pemerintah kota bersama kecamatan dan kelurahan turut aktif menyediakan posko penanganan banjir dan pengaduan masyarakat.

Melalui kerja sama itu, tambahnya, diharapkan penyediaan titik-titik evakuasi warga terutama pada lokasi-lokasi rawan banjir beserta sarana dan prasarana pendukungnya bisa terwujud untuk mengantisipasi genangan air maupun banjir di Jakarta Selatan.

Baca juga: 35.000 personel Polda Metro amankan malam Tahun Baru

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © Polri.co.id 2022

Leave a Comment