Jakarta Pusat lakukan inspeksi kepatuhan penduduk

Hari ini kita lakukan inspeksi mendadak (sidak) perizinan bangunan

Jakarta Polri.co.id – Pemerintah Kota Jakarta Pusat (Pemkot Jakpus) melakukan inspeksi kepatuhan penduduk terhadap administrasi kependudukan dan perizinan bangunan indekos di kawasan RW 02, Kelurahan Cempaka Putih Barat, Jakarta Pusat.

“Hari ini kita lakukan inspeksi mendadak (sidak) perizinan bangunan dan kepatuhan administrasi kependudukan,” ujar Camat Cempaka Putih Fauzi di Jakarta, Selasa.

Fauzi mengatakan kedatangan tim dari kecamatan untuk meninjau langsung ijin indekos yang ada di wilayahnya.

Dia menegaskan, jika memang para pemilik belum mengurus perizinan diharapkan bisa mengurus ijin usaha indekos.

“Kebetulan tadi yang kita datangi tidak ada pemiliknya hanya penjaga saja. Kita minta kepada pemilik indekos untuk datang ke Kecamatan Cempaka Putih dalam mengurus perizinan,” lanjutnya.

Baca juga: Layanan administrasi kependudukan warga DKI, kini jadi 15 menit

Fauzi juga menjelaskan, nantinya para pengelola ataupun pemilik rumah-rumah kontrakan dan rumah kos itu akan diundang untuk diberikan sosialisasi kewajiban yang harus dipenuhi dari sisi aturan sehingga nantinya akan lebih tertib.

“Terutama dari sisi bangunan, kelayakan bangunan, Jadi, kewajiban kita untuk mengingatkan kepada masyarakat untuk juga ikut membantu mengantisipasi. Kita sosialisasikan ini kepada masyarakat secara langsung,” katanya.

Fauzi juga menyinggung rumah kosan dan kontrakan daerah permukiman ini sangat rawan terjadinya kebakaran, terlebih kondisi yang sangat padat dan kurangnya titik kumpul untuk evakuasi tidak ada.

“Di sini juga kita bawa dari pemadam kebakaran (damkar) Cempaka Putih melihat langsung dan mereka yang tahu apa yang harus dilakukan,” ucapnya.

Upaya jemput bola itu diharapkan memberi efek positif terhadap masyarakat khususnya kesadaran dan kepatuhan terhadap peraturan.

Baca juga: Anies optimistis layanan 15 menit di Dukcapil genjot kepuasan publik

“Jadi kehadiran teman-teman Satpol Jajaran dari kependudukan kemudian pemadam kebakaran dan termasuk pajak semua mendata sesuai bagian masing-masing,” imbuhnya.

Edukasi kebakaran

Kasatpel Gulkarmat Kecamatan Cempaka Putih Marwono menambahkan, kegiatan itu diharapkan akan mendorong kenyamanan dan keamanan masyarakat seperti 
edukasi tentang mengatasi kebakaran.

“Saat ini baru tahap sosialisasi karena khawatir mereka juga tidak tahu. Maka kami sosialisasi untuk menekan bahaya kebakaran. Semoga di Cempaka Putih tak ada kejadian kebakaran,” kata Marwono. 

Inspeksi itu juga melibatkan Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil), Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), Unit Pelayanan Pajak Daerah (UPPRD), Gulkarmat, Satpol PP, Dishub dan TNI-Polri. 

Baca juga: Sudin Dukcapil Jaksel tetap membuka layanan administrasi kependudukan

Pewarta: Ulfa Jainita
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © Polri.co.id 2022

Leave a Comment