iPhone 14 otomatis panggil 911 saat pengguna naik rollercoaster

Jakarta Polri.co.id – Fitur darurat pada iPhone 14 secara otomatis menelepon 911 ketika pengguna membawa ponsel itu naik rollercoaster.

The Wall Street Journal dan Cnet, disiarkan Minggu (9/10) waktu setempat, melaporkan setidaknya ada enam panggilan darurat ke 911 yang berasal dari taman bermain King Island di Cincinnati, Amerika Serikat.

Peristiwa serupa juga terjadi saat pengguna naik rollercoaster di Six Flags Great America di dekat Chicago. Semua peristiwa terjadi sejak iPhone 14 dijual di negara tersebut pada September.

Baca juga: iPhone 14 pakai “chip” Qualcomm, diklaim bisa terkoneksi ke satelit

iPhone 14 juga dikabarkan secara otomatis memanggil 911 ketika ponsel terjatuh saat pengguna sedang mengemudi.

Fitur darurat yang disematkan pada iPhone 14 bernama Crash Detection atau deteksi kecelakaan. Apple menyematkan sensor dan akselerometer supaya ponsel bisa mendeteksi bahaya, dari depan, belakang, samping dan ketika ponsel terguling.

Ketika terjadi kecelakaan, ponsel secara otomatis menghubungi layanan darurat, di Amerika Serikat adalah 911. Jika pengguna tidak menutup telepon dalam 20 detik, ponsel secara otomatis mengirimkan pesan kepada 911 berisi kecelakaan dan lokasi.

Baru-baru ini fitur Crash Detection mengirimkan pesan darurat ketika mobil seorang pengguna di Nebraska menabrak pohon. Ketika kecelakaan itu terjadi, tidak ada saksi di lokasi sehingga tidak ada orang yang bisa meminta bantuan.

Selain iPhone, Apple juga menyematkan fitur itu pada jam tangan Apple Watch 8. Fitur Crash Detection bisa dimatikan melalui pengaturan atau ketika ponsel dalam mode pesawat terbang (airplane).

Baca juga: Apple rombak besar-besaran desain untuk iPhone 15

Baca juga: Apple tak jadi tambah produksi iPhone 14

Baca juga: iPhone 14 akan diproduksi di India

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © Polri.co.id 2022

Leave a Comment