Hoaks! Kata ‘jancuk’ berasal dari nama tank Belanda

Jakarta (ANTARA/JACX) – 29 September 2022, beredar unggahan ilustrasi di Instagram yang menyatakan bahwa kata “jancuk” berasal dari nama tank milik Belanda, Jan Cox.

Menurut Wikipedia, istilah “jancuk” dikenal sebagai ciri khas komunitas masyarakat di Jawa Timur, yang memiliki makna “sialan, keparat, atau brengsek”.

Normalnya, jancuk digunakan sebagai umpatan. Namun, kata itu juga menjadi simbol keakraban dan persahabatan pada sejumlah kalangan.

Berikut isi unggahan yang telah dikomentari sekitar 513 pengguna Instagram tersebut:

Pada tahun 1974 an, Belanda sering menurunkan Tank-Tank nya untuk mengintimidasi warga Surabaya, Tank ini bernama Jan Cox.

Karena ukurannya tidak terlalu yang besar, Tank mampu memasuki perkampungan. Setiap kali Tank ini datang, warga langsung berteriak Jiancok-jiancok ! untuk memperingati warga sekitarnya”.

Lantas, benarkah ‘jancuk’ berasal dari nama tank Belanda?

 

Tangkapan layar berisi narasi yang menyebutkan kata ‘jancuk’ berasal dari nama tank Belanda (Instagram)

Penjelasan:

Banyak yang meyakini bahwa kata “jancuk” ini berasal dari sebuah foto yang memperlihatkan sejumlah tentara sedang berkerumun di dekat sebuah tank. Bagian depan tank itu tersemat tulisan JAN COX 5914.

Foto asli salah satunya diunggah di situs nationaalarchief.com

Tertulis beberapa informasi layaknya tanggal foto diambil yaitu pada 23 Oktober 1947, sang juru potret bernama Hesselman.

Namun, foto tank beserta tentara itu berlokasi di Garut, bukan Surabaya. Sehingga cerita mengenai asal usul istilah jancuk yang berasal dari nama tank terpatahkan.

Sementara itu, menurut kamus Melayu-Belanda yang dipublikasikan oleh Leiden E.J Brill tahun 1916, halaman 72, “jancuk” berasal dari kata “antjoek”. Antjoek diartikan sebagai senggama dalam kamus tersebut.

Situs Bapigif juga mendukung bahwa “jancuk” berasal dari kata “antjoek”. Kata tersebut kemudian diberikan imbuhan di-, yang akan dibaca sebagai diancuk yang artinya disetubuhi.

Dari kata diancuk inilah kemudian berkembang luas dan memiliki berbagai macam dialek penyebutan seperti dancuk, hancuk, diancuk, duancuk, jiancuk, juancuk, hingga menjadi jancuk seperti penyebutan sekarang ini.

Klaim: Kata ‘jancuk’ berasal dari nama tank Belanda

Rating: Hoaks

Cek fakta: Hoaks! Ratu Elizabeth keturunan Nabi Muhammad

Cek fakta: Hoaks! Video ajang pencarian bakat luar negeri bawakan lagu “Ojo dibandingke”

Cek fakta: Hoaks! Foto jual ginjal demi iPhone 14

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
COPYRIGHT © Polri.co.id 2022

Leave a Comment