Hoaks! Jokowi ancam hancurkan AS jika ikut campur urusan Rusia

Jakarta (ANTARA/JACX) – Video berdurasi delapan menit 18 detik muncul di Facebook pada 13 September menampilkan Presiden Joko Widodo duduk di hadapan Presiden AS Joe Biden, dan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Video itu disukai lebih dari empat ribu pengguna Facebook, mendapatkan 575 komentar, dan dibagikan ulang hingga 143 kali hingga 30 September 2022.

Unggahan itu mendapatkan banyak perhatian pengguna Facebook lantaran menampilkan narasi Indonesia pasang badan untuk Rusia, dengan isi video berupa pengerahan pasukan Rusia.

Selain menampilkan pengerahan pasukan, video itu juga menampilkan Jokowi bersalaman dengan Joe Biden, termasuk pertemuan Joe Biden dengan Putin, serta Joe Biden dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“Indonesia Pasang Badan!! jokowi Ancam Akan Hancurkan as Jika Ikut Campur Urusan Rusia Ini.”

Namun, benarkah Jokowi mengancam akan hancurkan AS jika ikut campur urusan Rusia sebagaimana pada narasi unggahan Facebook itu?

 

Unggahan hoaks yang mengklaim Presiden Joko Widodo mengancam akan hancurkan AS jika turut campur urusan Rusia. (Facebook)

Penjelasan:

Penelusuran ANTARA, unggahan video Facebook itu sama sekali tidak menjelaskan ancaman Jokowi untuk menghancurkan AS lewat pernyataan dari Duta Besar Indonesia untuk Rusia, M. Wahid Supriyadi.

Tidak terdapat pernyataan Dubes Wahid Supriyadi berisi ancaman kepada AS, baik di media massa, ataupun situs resmi Kementerian Luar Negeri Indonesia.

ANTARA justru menemukan kemiripan pernyataan narator pada unggahan video di Facebook dengan konten video Kompas TV berjudul “Dubes China Ancam AS Akan Hancur jika Ikut Campur Terkait Taiwan, Sebut Tak Belajar dari Ukraina”

Foto maupun potongan video yang ditampilkan pada unggahan Facebook itu juga tidak menampilkan pernyataan jelas jika memang terdapat peringatan dari Presiden Joko Widodo, ataupun pernyataan dari Dubes Indonesia untuk Rusia.

Potongan video yang menampilkan Presiden Joko Widodo sedang berjabat tangan dengan Presiden AS Joe Biden terjadi pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 di Schloss Elmau, Jerman, Senin, 27 Juni 2022.

Kemudian, video yang memperlihatkan Presiden Amerika Serikat Joe Biden bersama Presiden Rusia Vladimir Putin merupakan pertemuan keduanya di Jenewa, Swiss, pada 16 Juni 2021.

Sementara potongan video Presiden Joko Widodo menemui Presiden Rusia Vladimir Putin berlangsung di Kremlin, Moskow, Rusia pada 30 Juni 2022.

Klaim: Jokowi ancam hancurkan AS jika ikut campur urusan Rusia

Rating: Hoaks/Salah

Cek fakta: Hoaks! Rusia deklarasikan perang nuklir lawan Ukraina

Cek fakta: Hoaks! Foto Rusia bom Ukraina setelah kedatangan Jokowi

Cek fakta: Hoaks! Putin peringatkan Indonesia tidak ikut campur, urus minyak goreng saja

Pewarta: Tim JACX
Editor: M Arief Iskandar
COPYRIGHT © Polri.co.id 2022

Leave a Comment