Heru minta Ketua RW se-Jaktim tingkatkan keamanan jelang KTT ASEAN

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meminta para Ketua RW di Jakarta Timur meningkatkan keamanan di wilayah masing-masing menjelang penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN 2023 di Jakarta.

“Saya sosialisasikan di sini bahwa tahun 2023, DKI Jakarta sebagai tuan rumah KTT ASEAN,” kata Heru Budi dalam acara “Guyub Rukun Bersama RW Se-Jaktim” di Jakarta Internasional Velodrome, Jakarta Timur, Sabtu.

Dalam KTT ASEAN nanti banyak tamu negara dan pejabat negara-negara ASEAN akan melakukan rapat-rapat di Jakarta. “Maka kita warga Jakarta Timur juga harus bisa membantu menjaga keamanan,” katanya.

Baca juga: Heru pastikan layanan terbaik untuk penyelenggaraan KTT ASEAN

Heru mengatakan, persiapan rangkaian gelaran tersebut sudah dimulai. Dia mengajak para ketua RW di Jakarta Timur (Jaktim) untuk ikut mempersiapkan diri dan memberikan partisipasi maksimal dalam menjaga keamanan wilayah menjelang acara tersebut.

“Mulai Februari sampai September, itu sudah dimulai, rapat-rapat tingkat menteri. Di bulan September itu akan dilakukan ‘high level meeting‘, yaitu para presiden ASEAN akan melakukan pertemuan. KTT saja, 43 kepala negara yang akan hadir,” ujarnya.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran 

mengatakan, “Guyub Rukun Bersama RW Se-Jaktim” ini adalah untuk menyerap aspirasi masyarakat untuk kemudian bersama-sama menyelesaikan yang menjadi persoalan di masyarakat.

“Intinya kami ingin membangun kembali keguyuban, kerukunan, supaya Jakarta selalu aman, damai dan sejuk, terlebih sebagai Ibu Kota Negara,” katanya.

Sebanyak 712 RW se-Jakarta Timur hadir dalam kegiatan ini didampingi oleh para kapolsek, danramil, lurah, camat, Bhabinkamtibmas dan Babinsa.

Baca juga: Sodetan Ciliwung diharapkan beroperasi pada Maret 2023

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah meninjau kesiapan lokasi penyelenggaraan KTT ASEAN 2023 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta. Presiden Jokowi didampingi sejumlah menteri termasuk Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi hingga Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono.

Berdasarkan keterangan tertulis dari Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden,   Presiden Jokowi langsung meninjau area luar JCC dengan didampingi oleh sejumlah menteri yang hadir.

Setelah itu, Presiden Jokowi beserta rombongan memasuki area dalam JCC. Presiden Jokowi mengecek sejumlah fasilitas dan ruangan yang disiapkan sebagai tempat pertemuan para pemimpin di kawasan ASEAN tersebut.

“Presiden hari ini meninjau kesiapan JCC sebagai salah satu venue dari KTT ASEAN 2023,” kata Menlu dalam keterangan tertulis itu.

 

Leave a Comment