Gulkarmat Jaktim kerahkan personel untuk atasi banjir di Pulogadung

Jakarta Polri.co.id – Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur mengerahkan personel untuk mengatasi banjir di Jalan Bujana Tirta di Kelurahan Pisangan Timur, Kecamatan Pulogadung.

Kasi Operasional Suku Dinas (Sudin) Gulkarmat Jakarta Timur, Gatot Sulaeman mengatakan, pihaknya menyiagakan enam personel dan perahu karet di lokasi tersebut sebagai antisipasi adanya permintaan evakuasi warga terdampak banjir.

“Sementara anggota ‘stand by’ di lokasi. Kita kerahkan juga satu perahu karet untuk membantu bila ada warga yang membutuhkan bantuan evakuasi,” kata Gatot Sulaeman di Jakarta Timur (Jaktim), Kamis.

Ruas Jalan Bujana Tirta dilanda banjir dengan ketinggian berkisar 60-70 sentimeter (cm). Banjir itu imbas debit air hujan deras yang tidak tertampung pada saluran air.

Warga sekitar, Marwan mengatakan, banjir tersebut terjadi sekitar pukul 15.30 WIB akibat hujan deras yang mengguyur sejak siang.

“Kalau hujan deras lebih dari satu jam pasti langsung banjir,” kata Marwan.

Akibat banjir tersebut akses warga di Jalan Bujana Tirta terputus. Sejumlah pengendara roda dua dan roda empat yang hendak melintas harus mencari rute alternatif untuk melanjutkan perjalanan.

Sejumlah pengendara sepeda motor yang nekat melintas pun mengalami mogok mesin akibat banjir tersebut.

“Tadi banyak motor yang mogok juga di sini karena nekat menerobos. Kendaraan yang parkir di sekitar juga pada terendam semua,” ujar Marwan.

Baca juga: PLN siagakan 2.209 personel dan 131 peralatan untuk antisipasi banjir

 

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © Polri.co.id 2022

Leave a Comment