Gereja Baptis Indonesia gelar vaksinasi COVID-19 bagi jemaat lansia

juga menyiapkan posko kesehatan keliling (mobile) di salah satu gereja yang ada di kawasan itu

Jakarta Polri.co.id – Gereja Baptis Indonesia di Jalan Tirtayasa, Melawai, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan menggelar vaksinasi booster kedua COVID-19 bagi  jemaat lanjut usia (lansia) menjelang pelaksanaan ibadah Natal 25 Desember.

“Pelayanan vaksin ini kita adakan satu hari dengan kuota 50 orang,” kata Dokter Umum bagian vaksinasi COVID-19 Puskesmas Kebayoran Baru Silvi saat ditemui, di Jakarta, Jumat.

Silvi menyebutkan kebanyakan warga yang datang untuk menerima vaksin merupakan wanita lansia berusia di atas 60 tahun.

Dia menambahkan  Puskesmas Kebayoran Baru telah menyiapkan vaksinasi dosis pertama hingga keempat, namun untuk booster kedua dikhususkan lansia dan tenaga kesehatan (nakes).

Adapun jenis vaksin yang disediakan yakni Pfizer dan Zifivax menyesuaikan dengan kebutuhan jemaat dengan tujuan untuk menambah kekebalan tubuh.

Pelayanan vaksinasi gratis alias tanpa biaya ini dilakukan oleh tiga tenaga kesehatan dari Puskesmas Kebayoran Baru  mulai pukul 08.00 hingga 12.00 WIB.

Selain itu, Puskesmas Kebayoran Baru juga menyiapkan posko kesehatan keliling (mobile) di salah satu gereja yang ada di kawasan itu.

Menurut Silvi, tujuan adanya posko kesehatan keliling yang ditangani tiga tenaga kesehatan sebagai antisipasi gawat darurat yang rutin dijalankan setiap akhir tahun.

“Biasanya kami pakai ambulans keliling dari gereja ke gereja lain atau menetap di satu lokasi,” tuturnya.

Pemerintah Kota  Jakarta Selatan (Pemkot Jaksel) membuka posko kesehatan di gereja setiap kecamatan saat Natal  25 Desember.

“Posko malam Natal kita buka di satu gereja besar setiap kecamatan yang ada di Jakarta Selatan,” kata Kepala Suku Dinas Kesehatan Yudi Dimyati di Jakarta, Jumat.

Yudi menjelaskan nantinya posko ini bertujuan untuk memeriksa kesehatan, melayani vaksin hingga untuk berjaga bagi jemaat jika ada yang sakit saat hari H.

Baca juga: Polres Jaksel kunjungi 122 gereja untuk imbau warga ikut jaga keamanan

Baca juga: Gereja Katedral Jakarta imbau jemaat tak bawa tas ransel

Baca juga: Misa Natal Gereja Katedral Jakarta digelar dalam beberapa sesi

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © Polri.co.id 2022

Leave a Comment