Dukcapil Jaksel layani administrasi kependudukan kebakaran Mampang

Kami membuka posko pelayanan Dukcapil sejak jam 07.00 WIB sampai 16.00 WIB di posko RW

Jakarta Polri.co.id – Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Jakarta Selatan memberi pelayanan administrasi kependudukan gratis kepada korban kebakaran di Jalan Bangka Buntu I RW 05, Kelurahan Bangka, Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.

“Kami membuka posko pelayanan Dukcapil sejak jam 07.00 WIB sampai 16.00 WIB di posko RW setempat,” kata Kepala Sudin Dukcapil Jakarta Selatan Muhammad Nurrahman  di Jakarta, Selasa.

Nurrahman mencatat sampai dengan pukul 16.00 WIB, sudah ada 86 permohonan warga yang mengurus pergantian administrasi kependudukan di posko pelayanan Dukcapil yang dilakukan langsung di lokasi atau jemput bola.

Nurrahman merinci warga yang mengurus pergantian administrasi kependudukan itu meliputi 19 orang mengurus kartu keluarga (KK), 35 orang mengurus kartu tanda penduduk (KTP), 18 orang mengurus kartu identitas anak (KIA), dan 14 orang lainnya mengurus akta kelahiran.

Nurrahman berharap dengan kehadiran posko ini bisa membantu warga terdampak kebakaran yang membutuhkan layanan dokumen administrasi kependudukan secara cepat dan mudah.

“Nantinya permohonan akan diproses dalam beberapa hari karena kami butuh waktu untuk melakukan pendataan,” tuturnya.

Berdasarkan pantauan di lokasi, selain posko pelayanan Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) juga ada posko layanan pendidikan yang didirikan oleh Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

Dinas Pendidikan DKI Jakarta melayani kepengurusan pergantian dokumen seperti ijazah, rapor, Kartu Jakarta Pintar (KJP), dan Kartu Indonesia Pintar (KIP).

Selain itu, Polres Metro Jakarta Selatan membantu pengadaan kembali surat-surat kendaraan yang mengalami kerusakan bagi warga Jalan Bangka Buntu I RW 05, Kelurahan Bangka, Kecamatan Mampang Prapatan yang menjadi korban kebakaran.

“Kami sediakan posko pelayanan laporan kehilangan surat berharga dari Polres Jaksel dan Polsek Mampang untuk warga terdampak,” kata Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Ade Ary Syam Indradi saat ditemui, di Jakarta, Selasa.

Kapolres Metro Jakarta Selatan itu menuturkan warga bisa mengurus surat berharga mulai dari surat izin mengemudi (SIM) hingga Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

Pelayanan Polres Metro Jakarta Selatan ini tanpa biaya atau gratis mengingat kerusakan yang dialami akibat peristiwa di luar kemampuan (force majeure).

Baca juga: Polisi bantu surat kendaraan untuk warga Mampang korban kebakaran

Baca juga: PMI salurkan bahan pangan kepada warga Mampang terdampak kebakaran

Baca juga: Ratusan jiwa terkena dampak kebakaran Mampang Jakarta Selatan

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © Polri.co.id 2022

Leave a Comment