DKI siapkan 40 kantong parkir di Sudirman-Thamrin di malam tahun baru

Dinas Perhubungan DKI Jakarta menyiarkan 40 kantong parkir di Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan MH Thamrin pada ​​​Festival Malam
Tahun Baru 2023 di kawasan tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, 40 kantong parkir tersebut disiapkan sampai Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan MH Thamrin kembali dibuka.

“Bagi para pengunjung festival, dapat menggunakan fasilitas parkir di 40 lokasi dan dibuka sampai batas waktu penutupan Jalan MH Thamrin dan Jalan Jenderal Sudirman,” kata Syafrin dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Kamis.

Ke-40 kantong parkir itu, yakni di Pelataran Parkir IRTI Monas, TPE Sabang, Kantor Pertamina Pusat, Komplek Wisma Nusantara dan Hotel Nikko, Wisma Mandiri, Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta Teater/Sky Line Building, Sarinah Thamrin dan Gedung Jaya.

Lalu, di Four Points/Menara Topas, Plaza Sinar Mas Land, Gedung Plaza Permata, Gedung Wisma Kosgoro, Pullman Hotel, Hotel Grand Indonesia, Plaza Indonesia, Gedung Parkir Taman Menteng, Mandarin Oriental Hotel, Gedung The City Tower dan di Gedung Wisma 46.

Baca juga: DKI tutup 22 akses ke Sudirman-Thamrin pada malam Tahun Baru 2023

Kemudian di Wisma 46 Out Door Parking, Gedung BNI, Gedung Arthaloka Indonesia, Menara Taspen, Wisma Keiai, Gedung Prince Center Building lantai XV ruangan 1501, Menara Aetra, Gedung Midplaza dan Hotel Le Meridien Jakarta.

Ada pula di Intiland Tower, Gedung BRI 1 Sudirman, Gedung BRI 2 Jakarta, The Park Lane Hotel, Gedung Wisma GKBI, Mall FX Sudirman, Ratu Plaza, Plaza Senayan hingga di Gelora Bung Karno.

Ke-40 kantong parkir ini mempunyai daya tampung total 32.060 mobil, sebanyak 25.397 motor dan 262 bus maupun truk.

Meski demikian, Syafrin mengimbau bagi masyarakat yang hendak menuju lokasi Festival Malam Tahun Baru 2023 di Sudirman-Thamrin, untuk menggunakan berbagai transportasi publik yang rencananya akan dioperasikan hingga pukul 02.00 WIB.

“Masyarakat yang akan menuju lokasi kegiatan diimbau untuk menggunakan moda transportasi angkutan umum yang juga dilakukan pengaturan operasional,” tutur Syafrin.

Baca juga: Ada tujuh panggung di Sudirman-Thamrin dalam Festival Tahun Baru 2023

Untuk pengaturan TransJakarta, Syafrin menjelaskan, bagi Koridor 1 Relasi Blok M-Kota, akan dioperasionalkan sampai pukul 01.00 WIB, tergantung situasi, dengan berbagai rekayasa jalur, yakni:

1) Dari arah Selatan hanya melayani sampai Halte TransJakarta Polda, kemudian belok kiri ke Jalan Gatot Subroto sampai Kota.

2) Dari arah Utara hanya melayani sampai Halte TransJakarta Harmoni, kemudian belok kanan ke Jalan Suryopranoto sampai Blok M.

“Sementara untuk operasi MRT, LRT, dan KRL, operasionalnya akan berlangsung sampai dengan pukul 02.00 WIB,” ucap Syafrin menambahkan.

Dengan adanya Festival Malam Tahun Baru 2023, Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan MH Thamrin akan diberlakukan malam bebas kendaraan (car free night) atau penutupan total terkecuali kendaraan darurat.

Selain itu, 22 akses masuk ke Jalan Sudirman-Thamrin juga dilakukan penutupan terkait dengan kegiatan festival yang akan ada tujuh panggung pertunjukan tersebut.

Baca juga: Pengunjung padati Ancol

Leave a Comment