Dishub Riau dirikan tiga Posko pengamanan libur nasional 2022

Pekanbaru Polri.co.id – Kepala Dinas Perhubungan Riau Andi Yanto mengatakan pihaknya mendirikan tiga unit Posko untuk membantu pengamanan jalur transportasi laut dan darat selama libur nasional Hari Raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

“Posko yang beroperasi di Pelabuhan Penyeberangan Dumai, Pelabuhan Mengkapan Buton dan Posko induk yang ada di kantor Dinas Perhubungan Riau di Pekanbaru. Posko tersebut didukung oleh 70 personel,” kata Andi Yanto kepada wartawan di Pekanbaru, Senin.

Baca juga: Dishub Riau menilang 1.532 unit kendaraan over dimensi

Ia mengatakan 70 personel berada di lapangan bertugas bersama dengan instansi terkait, seperti TNI-Polri, tim kesehatan dan Satpol PP.

Ia menyebutkan untuk di Pelabuhan Buton, personel yang disiagakan sebanyak 30 orang, sementara di Dumai 40 personel. Mereka bertugas secara bergantian. Selai itu, ada Posko Natal dan Tahun Baru yang didirikan oleh pemerintah kabupaten dan kota di provinsi tersebut.

“Namun demikian, masyarakat yang berlibur diimbau tetap hati-hati dalam berkendaraan jangan ngebut, kalau lelah segera beristirahat, sayangi diri dan anggota keluarga yang dibawa berlibur, keselamatan lebih diutamakan dalam berkendaraan,” katanya.

Baca juga: Antisipasi macet arus balik, Dishub Riau beri jalur alternatif

Baca juga: Dishub Riau tambah jadwal penyeberangan Dumai-Tanjung Kapal

Sebelumnya, Gubernur Riau Syamsuar menyebut bahwa libur nasional tahun 2022 tidak ada lagi pembatasan aktivitas warga pada malam pergantian tahun baru. Namun demikian, perayaan tahun baru agar tidak dilaksanakan dengan euforia berlebihan. Kegiatan berlebihan justru dikhawatirkan dapat menimbulkan hal-hal tak diinginkan.
“Karenanya, perayaan tahun baru agar dapat diisi dengan kegiatan positif dan situasi yang sudah terpelihara dengan baik diharapkan dapat terjaga. Tahun 2022 sudah berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Akan tetapi, sebaiknya perlu menjaga situasi yang sudah membaik ini dengan kegiatan positif,” kata Syamsuar.

Pewarta: Frislidia
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © Polri.co.id 2022

Leave a Comment