Cuaca dapat rintangi budidaya ikan bandeng di Pulau Untung Jawa

ini juga bisa dijadikan contoh dalam budidaya ikan

Jakarta Polri.co.id – Kondisi cuaca ternyata dapat merintangi masa pembesaran ikan bandeng lewat budidaya ikan di Kolam Gobah, Kelurahan Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu Selatan.

“Jadi, karena faktor cuaca, sekarang ukuran sekilo untuk lima ekor. Ikannya masih standar berat 200 gram (per ekor). Kalau aman, kita tunda panen, bisa lebih besar. Biasa kalau panen, tiga atau empat ekor sekilo (250-350 gram per ekor),” kata Kepala Suku Dinas Kelautan, Pertanian, dan Ketahanan Pangan (Sudin KPKP) Kabupaten Kepulauan Seribu Devi Lidya kepada wartawan di Jakarta Utara, Selasa.

Kendati demikian, Sudin KPKP Kepulauan Seribu dapat memanen sejumlah ikan bandeng dengan bobot total mencapai 100 kilogram dari Kolam Gobah Kelurahan Pulau Untung Jawa itu. 

Kegiatan panen perdana diikuti oleh aparatur sipil negara (ASN) dan penyedia jasa lainnya perorangan (PJLP) Sudin KPKP Kepulauan Seribu, serta lurah, kelompok wanita tani, petugas penanganan prasarana dan sarana umum (PPSU), kelompok sadar wisata (pokdarwis) dan masyarakat Kelurahan Pulau Untung Jawa.

Baca juga: KPKP DKI ambil sampel ikan dan air laut di Kepulauan Seribu

Devi berharap hasil panen itu bisa dinikmati masyarakat Pulau Untung Jawa sebagai salah satu faktor pemenuhan kebutuhan gizi harian masyarakat.

Ditambahkan Devi, melalui budi daya ikan bandeng di kolam yang ditempatkan di titik area wisata diharapkan dapat menambah daya tarik bagi pengunjung.

Wisatawan bisa memberikan pakan ikan yang sudah disiapkan oleh petugas kelurahan.

“Semoga kegiatan ini bermanfaat dalam upaya pencegahan tengkes, gemar ikan dan sebagai upaya bangkitnya ekonomi. Karena kolam bandeng ini juga bisa dijadikan contoh dalam budidaya ikan di Kepulauan Seribu,” kata Devi.

Baca juga: Kepulauan Seribu hadirkan pilihan tempat berlibur saat akhir tahun

Sebelumnya, sekitar 9.000 benih ikan bandeng telah ditabur di Kolam Gobah saat pandemi COVID-19 melandai di Kepulauan Seribu, Jakarta Juli 2022.

Lurah Pulau Untung Jawa Supriyadi menyambut baik dan mengapresiasi upaya Sudin KPKP Kepulauan Seribu memenuhi gizi masyarakat dalam upaya mencegah tengkes (stunting).

“Kami ucapkan terimakasih, semoga ke depan akan ada panen-panen ikan lainnya untuk asupan gizi masyarakat,” tandasnya.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © Polri.co.id 2022

Leave a Comment