Cina rekrut astronaut cadangan baru untuk misi luar angkasa masa depan

Beijing Polri.co.id – Cina akan merekrut 12 hingga 14 astronaut cadangan baru untuk misi penerbangan luar angkasa di masa depan, demikian seperti diumumkan Badan Antariksa Berawak Cina (CMSA), Minggu (2/10).

Dari para astronaut cadangan, yang merupakan angkatan keempat astronaut Cina tersebut, tujuh hingga delapan di antaranya akan bertugas sebagai pilot wahana luar angkasa. Sementara itu, lima hingga enam orang lain akan bertugas sebagai insinyur penerbangan antariksa dan spesialis muatan (payload), termasuk dua astronaut sebagai spesialis payload.

Menurut CMSA, pilot wahana luar angkasa akan direkrut dari para pilot aktif yang bertugas di angkatan bersenjata.

Insinyur penerbangan antariksa akan dipilih dari orang-orang yang terlibat dalam penelitian ilmiah dan pekerjaan teknik di bidang teknik kedirgantaraan dan bidang-bidang terkait, sedangkan spesialis payload akan direkrut dari peneliti yang fokus pada aplikasi dan ilmu luar angkasa.

Sebagai penyelenggara rekrutmen, CMSA untuk pertama kalinya akan memilih spesialis payload dari Daerah Administratif Khusus Hong Kong dan Makau. Rekrutmen para astronaut baru tersebut diharapkan tuntas dalam waktu satu setengah tahun, ujar CMSA.

Pewarta: Xinhua
Editor: Fransiska Ninditya
COPYRIGHT © Polri.co.id 2022

Leave a Comment