Cina miliki 3 juta lebih paten penemuan valid dalam negeri

Beijing Polri.co.id – Jumlah paten penemuan valid di Cina daratan telah melampaui 3 juta dengan proporsi meningkat di bidang teknologi digital, demikian disampaikan Administrasi Kekayaan Intelektual Nasional Cina atau China National Intellectual Property Administration (CNIPA), Minggu (9/10).

Hingga September 2022, terdapat lebih dari 3,15 juta paten penemuan valid di Cina daratan, kata pejabat CNIPA Ge Shu pada konferensi pers.

Lebih dari 30 persen paten Cina dimiliki oleh industri strategis yang sedang berkembang (emerging), seperti kendaraan energi baru (new energy vehicle), kreativitas digital, dan manufaktur peralatan kelas atas; sementara 13 persen memiliki masa paten lebih dari 10 tahun, tambah Ge.

Hingga Juli 2022, tercatat sebanyak 326.000 perusahaan Cina memegang 2,09 juta paten penemuan yang valid. Pertumbuhan paten di bidang teknologi digital tersebut termasuk teknologi komputer, pengukuran, dan komunikasi digital, sebagai tiga industri teratas dalam hal jumlah paten penemuan valid di Cina.

Jumlah paten itu semakin memperkuat status internasional Cina sebagai kekuatan inovasi, ujar Ge.

Pewarta: Xinhua
Editor: Fransiska Ninditya
COPYRIGHT © Polri.co.id 2022

Leave a Comment