China gelar kuliah daring dari stasiun luar angkasa Tiangong

Beijing Polri.co.id – Para taikonaut stasiun luar angkasa China Tiangong untuk pertama kalinya akan melakukan siaran langsung (livestream) perkuliahan daring tentang sains dari modul laboratorium Wentian, kata Badan Antariksa Berawak China (CMSA), Selasa.

Perkuliahan tersebut dijadwalkan pada Rabu (12/10) mulai pukul 15.45 waktu Beijing.

Tiga taikonaut Shenzhou-14, yakni Chen Dong, Liu Yang, dan Cai Xuzhe, akan memukau para peserta sesi perkuliahan tersebut dengan memperkenalkan modul laboratorium mereka, memeragakan eksperimen ilmu pengetahuan dan teknologi dalam gravitasi mikro, serta melakukan presentasi penelitian pertumbuhan tanaman di orbit.

Ketiga dosen antariksa itu juga akan berinteraksi dengan para pelajar di Bumi selama sesi tersebut. Kegiatan kuliah daring itu bertujuan untuk memopulerkan pengetahuan tentang penerbangan luar angkasa berawak dan mendorong generasi muda untuk mengembangkan minat pada sains, kata CMSA dalam sebuah pernyataan.

Kelas daring itu merupakan perkuliahan ketiga dari stasiun luar angkasa China. Dua perkuliahan sebelumnya seri “Kelas Tiangong” disampaikan para taikonaut Shenzhou-13 dari modul inti stasiun luar angkasa Tianhe.

Sebagian konten perkuliahan daring dipilih dari saran-saran yang diberikan para kaum muda.

Wentian merupakan komponen laboratorium pertama dari stasiun luar angkasa China yang sedang dibangun. Modul itu diluncurkan pada 24 Juli lalu.

Para taikonaut juga akan mengajak pelajar di Bumi untuk melakukan eksperimen terkait, guna memahami perbedaan antara luar angkasa dan Bumi serta menemukan keseruan yang didapat dari eksplorasi tersebut.

Pewarta: Xinhua
Editor: Fransiska Ninditya
COPYRIGHT © Polri.co.id 2022

Leave a Comment