China buka konsulat jenderal pertama di Iran

Bandar Abbas Polri.co.id – Pemerintah China resmi membuka Konsulat Jenderal China di Bandar Abbas, Ibu Kota Provinsi Hormuzgan, Iran, Rabu (21/12), sebagai konjen pertama di Iran.

Dalam pembukaan resmi konsulat jenderal tersebut, Duta Besar China untuk Iran Chang Hua mengatakan konjen tersebut sebagai momen penting dalam hubungan bilateral antara China dan Iran.

Langkah tersebut, menurut Chang, dapat memperdalam kerja sama saling menguntungkan antara China dan Iran, serta menghasilkan lebih banyak manfaat dari persahabatan kedua negara.

Chang mengatakan misi diplomatik China di Iran ialah siap bekerja sama untuk memanfaatkan pembukaan konjen tersebut sebagai peluang untuk secara aktif mengimplementasikan rencana komprehensif antara kedua negara.

Selain itu, pembukaan konjen tersebut juga merupakan upaya bersama terhadap Inisiatif Sabuk dan Jalur Sutra dan memberikan lebih banyak hasil kerja sama.

Sementara itu, Wakil Gubernur Provinsi Hormuzgan Adel Shahrzad mengatakan provinsi-provinsi di bagian selatan Iran menantikan kerja sama dengan China.

Pembukaan konjen China tersebut, menurut Adel, akan memainkan peran penting dalam pengembangan hubungan bilateral dan meningkatkan pertukaran di berbagai bidang.

Konsulat Jenderal China di Bandar Abbas itu meliputi delapan provinsi di Iran selatan, yaitu Provinsi Khuzestan, Provinsi Chaharmahal dan Bakhtiari, Provinsi Kohgiluyeh dan Boyer-Ahmad, Provinsi Fars, Provinsi Bushehr, Provinsi Kerman, Provinsi Hormuzgan, serta Provinsi Sistan dan Baluchestan.

Pewarta: Xinhua
Editor: Fransiska Ninditya
COPYRIGHT © Polri.co.id 2022

Leave a Comment