BPBD DKI sampaikan peringatan dini terkait hujan pada Selasa

Jakarta Polri.co.id – BPBD DKI Jakarta menyampaikan peringatan dini untuk warga Ibu Kota agar mewaspadai 
hujan disertai kilat, petir dan angin kencang di Jakarta Utara, Jakarta Barat dan Jakarta Selatan pada Selasa malam dan dini hari.

Kepala Satuan Pengolahan Data dan Informasi Kebencanaan BPBD DKI Jakarta, Michael Sitanggang dalam pernyataan di Jakarta, Selasa, mengatakan, langkah waspada perlu dilakukan warga untuk mengantisipasi cuaca tersebut.

Pertama, siapkan perlindungan diri bagi masyarakat yang beraktivitas di luar ruangan, seperti membawa payung, jaket, topi, ataupun jas hujan.

Kedua, bagi para pejalan kaki dan pengguna kendaraan agar menjauhi area sekitar saluran air atau gorong-gorong terbuka untuk menghindari terjadinya kejadian terperosok.

Ketiga, selalu memantau informasi perkembangan cuaca yang disampaikan BPBD DKI melalui website bpbd.jakarta.go.id dan media sosial BPBD.

Keempat, manfaatkan kanal pengaduan darurat milik Pemprov DKI Jakarta dengan telepon ke nomor 112 dan gunakan aplikasi JAKI untuk melaporkan kejadian banjir/genangan yang terjadi di sekitarnya.

Baca juga: Pintu Air Pasar Ikan Siaga 2, sembilan kelurahan kemungkinan terdampak

Baca juga: Sebagian wilayah Jakarta diprakirakan hujan pada Senin

Selain itu, BPBD DKI Jakarta menyatakan ada sembilan kelurahan di wilayah pesisir Jakarta Utara yang perlu mewaspadai banjir saat kenaikan permukaan air laut (rob). Yakni Kamal Muara, Kapuk Muara, Penjaringan, Pluit, Ancol, Kamal, Marunda, Cilincing dan Kalibaru.

Berdasarkan kronologi kenaikan permukaan air laut yang diunggah akun Twitter @BPBDJakarta, Selasa, status Siaga 2 baru saja diperoleh pukul 06.00 WIB, setelah ketinggian permukaan air mencapai 205 cm. Sebelumnya, pukul 03.00 hingga 05.00 WIB masih berstatus waspada (siaga 3).

Perubahan status dipicu kenaikan tinggi muka air (TMA) di Pintu Air Pasar Ikan sekitar 10 cm (03.00 ke 04.00 WIB) hingga 15 cm pada pukul 05.00 ke 06.00 WIB.

​​​​​​BPBD DKI Jakarta telah berkoordinasi dengan petugas Dinas Sumber Daya Air, kelurahan setempat, dan Satpol PP untuk pengerahan personel dan peralatan. Jika dalam keadaan darurat, warga diminta menghubungi “call center” Jakarta Siaga 112.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan cuaca pelabuhan di pesisir Jakarta berpotensi berawan pada Selasa ini dan ketinggian pasang air laut maksimum 1,1 meter diperkirakan terjadi pada pukul 09.00 WIB.

 

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Leave a Comment