Bina Marga Jakut pasang beton pembatas di jembatan Marunda yang ambles

Jakarta Polri.co.id – Suku Dinas Bina Marga Jakarta Utara memasang beton pembatas dengan lampu kabel (flexi) menindaklanjuti laporan masyarakat terkait konstruksi dudukan pada sisi jembatan (parapet) di Marunda, Cilincing, yang ambles imbas getaran saat kendaraan berat melintas.

Kepala Suku Dinas (Sudin) Bina Marga Jakarta Utara Ilham Raya mengatakan, penyebab ambles karena terjadi keretakan pada konstruksi parapet Jembatan Marunda hingga tampak miring ke luar sebelah kanan, namun tidak mempengaruhi secara keseluruhan konstruksi jembatan tersebut yang masih dinilai aman dilintasi kendaraan.

“Kami kasih pengaman dengan lampu supaya kendaraan yang melintas saat malam bisa lebih berhati-hati,” kata Ilham di Jakarta Utara (Jakut), Kamis.

Ilham menilai parapet jembatan yang retak akibat getaran kendaraan berat saat melintas menandakan konstruksinya sudah cukup berusia sehingga perlu diganti.

“Diganti, tapi itu bukan dari Sudin (Kota Jakarta Utara) tapi dari Dinas Bina Marga (Provinsi DKI Jakarta),” kata Ilham.

Ruas jalan tersebut sudah dapat dilintasi kendaraan seperti roda dua, roda empat dan lainnya. Namun Ilham mengimbau pengendara kendaraan besar seperti truk untuk mencari jalan lain agar dapat menghindari terjadinya kemacetan panjang sejak area jalan berkurang karena dipasangi beton pembatas.

Sedangkan warga setempat diimbau untuk tidak beraktivitas di bawah jembatan sampai penggantian parapet jembatan telah rampung.

Baca juga: Warga diimbau gunakan jalur lain selama perbaikan Jembatan Marunda

 

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © Polri.co.id 2022

Leave a Comment