ANTAM raih penghargaan penerapan kaidah pertambangan yang baik 2022

Kendari Polri.co.id – PT Aneka Tambang (ANTAM) kembali meraih penghargaan prestasi keberhasilan penerapan kaidah teknik pertambangan yang baik tahun 2022, yang diselenggarakan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia.

Berdasarkan keterangan tertulis Humas PT ANTAM diterima di Kendari, Sabtu, PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM; IDX: ANTM; ASX: ATM) anggota MIND ID – BUMN Holding Industri Pertambangan, menerima penghargaan dari Kementerian ESDM dalam rangka memperingati Hari Jadi Pertambangan dan Energi ke-77 pada Kamis, 29 September 2022.

Direktur Operasi dan Produksi ANTAM, I Dewa Wirantaya mengatakan penghargaan yang diterima perusahaan adalah wujud apresiasi dari pemerintah yang juga merupakan refleksi atas pelaksanaan komitmen ANTAM dalam implementasi tata kelola kegiatan operasional Perusahaan yang baik dan benar (Good Mining Practices).

“ANTAM terus berkomitmen dalam menerapkan kaidah teknik pertambangan yang baik, optimal, efisien, mengutamakan keselamatan dan berwawasan lingkungan, serta mampu memberikan manfaat sebanyak-banyaknya bagi masyarakat,” katanya.

Penghargaan diserahkan Direktur Pengusahaan Mineral Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara Ediar Usman.

Dia menyebut, penghargaan merupakan wujud apresiasi atas partisipasi ANTAM yang konsisten dalam menerapkan kaidah teknik pertambangan yang baik agar kegiatan pertambangan yang dilakukan berjalan baik, optimal dan efisien dengan mengutamakan keselamatan dan berwawasan lingkungan.

Tahun ini, ANTAM meraih 11 penghargaan dalam berbagai kategori pada penghargaan ini melalui Unit Bisnis dan Entitas Anak Perusahaan.

Melalui Unit Bisnis Pertambangan Emas, ANTAM mendapat satu peringkat tertinggi Aditama untuk kategori Pengelolaan Lingkungan Hidup Pertambangan Mineral dan Batubara, dan dua peringkat Utama untuk kategori Pengelolaan Teknis Pertambangan Mineral dan Batubara serta Pengelolaan Konservasi Mineral dan Batubara.

Sementara Unit Bisnis Pertambangan Bauksit Kalimantan Barat juga mendapat satu peringkat tertinggi Aditama untuk kategori Pengelolaan Teknis Pertambangan Mineral dan Batubara, dan dua peringkat Pratama untuk kategori Pengelolaan Keselamatan Pertambangan Mineral dan Batubara serta Pengelolaan Lingkungan Hidup Pertambangan Mineral dan Batubara.

Unit Bisnis Pertambangan Nikel Kolaka mendapatkan dua penghargaan, yaitu peringkat Utama dalam kategori Pengelolaan Teknis Pertambangan Mineral dan Batubara dan peringkat Pratama dalam kategori Pengelolaan Lingkungan Hidup Pertambangan Mineral dan Batubara.

“Selain itu, Unit Bisnis Pertambangan Nikel Maluku Utara meraih penghargaan peringkat Pratama untuk kategori Pengelolaan Lingkungan Hidup Pertambangan Mineral dan Batubara,” ujar dia.

Dua Anak Usaha ANTAM, PT Gag Nikel dan PT Cibaliung Sumberdaya juga menerima penghargaan Pratama untuk kategori Pengelolaan Lingkungan Hidup Pertambangan Mineral dan Batubara.

Peringkat penghargaan yang diberikan dari yang tertinggi ke yang lebih rendah meliputi Penghargaan Aditama bersimbol emas; Penghargaan Utama bersimbol perak; dan Penghargaan Pratama bersimbol perunggu.

Baca juga: Antam jajaki kerja sama global untuk bangun pabrik nikel kelas satu

Baca juga: Antam fokus realisasikan kerja sama proyek baterai

Pewarta: Muhammad Harianto/Yusran
Editor: Budi Suyanto
COPYRIGHT © Polri.co.id 2022

Leave a Comment