Anies resmikan Masjid At Tabayyun di Villa Meruya

Jakarta Polri.co.id – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan Masjid At Tabayyun yang telah dinantikan selama 30 tahun oleh warga Perumahan Taman Villa Meruya, Jakarta Barat.

“Alhamdulillah, saya ikut bersyukur. Akhirnya warga muslim Taman Villa Meruya bisa mewujudkan keinginan yang sudah lama mereka idamkan, yaitu memiliki masjid sendiri,” kata Gubernur Anies melalui keterangan tertulis di Jakarta, Senin.

Pada kesempatan itu, Anies menandatangani prasasti peresmian dan mengapresiasi keindahan arsitektur masjid tersebut.

Ketua Panitia Pembangunan Masjid At Tabayyun, Marah Sakti Siregar menjelaskan, warga Taman Villa Meruya telah mengupayakan pembangunan masjid itu selama 30 tahun.

“Setelah berikhtiar sejak 2018 dan menunggu sekitar 30 tahun, Alhamdulillah, hari ini kami sudah memiliki masjid sendiri,” ujar Marah Sakti Siregar.

Marah Sakti menuturkan, pembangunan masjid itu sempat terkendala karena salah satu warga mengajukan gugatan kepemilikan melalui Pengadilan Negeri Tata Usaha (PTUN).

Usai persoalan selesai, warga secara swadaya membangun masjid di atas lahan seluas 3.500 meter persegi dengan menerapkan konsep ramah lingkungan (green building).

“Masjid ini terdiri atas dua lantai, lantai pertama untuk jamaah lelaki berkapasitas sekitar 600 orang dan lantai dua untuk jamaah perempuan dengan kapasitas 200 orang,” tutur Marah Sakti yang juga sebagai wartawan senior itu.

Baca juga: Warga Taman Villa Meruya catat sejarah gelar Shalat Id pertama kali

 

Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © Polri.co.id 2022

Leave a Comment