Anies resmikan 100 taman maju bersama sebagai ruang terbuka hijau

bukan sekadar menonton tanaman tapi untuk ruang interaksi

Jakarta Polri.co.id – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan sebanyak 100 taman maju bersama (TMB) di Ibu Kota, selain sebagai upaya menciptakan ruang terbuka hijau, juga untuk tempat interaksi dan kegiatan warga.

Anies dalam acara peresmian yang dipusatkan di Taman Delonix, Kelurahan Pekayon, Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur, Rabu, menjelaskan bahwa TMB dibangun juga sebagai ruang interaksi sosial warga.

“Taman Delonix adalah satu dari 100 taman maju bersama yang dibangun oleh Pemprov DKI Jakarta bersama warga untuk bukan sekadar menonton tanaman tapi untuk ruang interaksi, di sini bisa dipakai untuk kegiatan,” kata Anies.

Anies menambahkan bahwa taman sejatinya juga dapat digunakan oleh warga untuk melakukan berbagai aktivitas seperti berolahraga, berinteraksi dan bersosialisasi.

Baca juga: Pembangunan Taman Maju Bersama Cilangkap telah rampung

“Jadi, ini adalah ruang ketiga ruang interaksi yang dirancang membuat perasaan kesetaraan, perasaan kebersamaan,” ujar Anies.

Dia menjelaskan 100 TMB yang dibangun Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tersebar di wilayah Jakarta Utara 17 TMB, Jakarta Barat 17 TMB, Jakarta Selatan 28 TMB dan Jakarta Timur: 38 TMB.

TMB Delonix di Kecamatan Pasar Rebo ini memiliki luas sebesar 8.000 meter persegi. Karena taman ini berbatasan dengan Sungai Cipinang di sisi timur, maka dibangun pula dinding penahan untuk mengantisipasi luapan banjir.

Anies berharap dengan peresmian taman-taman tersebut semakin dapat mempererat suasana keharmonisan dalam lingkungan bermasyarakat.

Baca juga: Pemkot Jakbar bangun dua taman sebagai fasilitas wisata warga

“Dengan tempat seperti ini maka suasana di dalam kampung guyub karena punya ruang bersama dan siapa saja bisa menikmati, tidak dibedakan latar belakangnya, mau kaya, miskin. Semua punya tempat bermain yang sama. Itulah keunggulan dari taman seperti ini,” kata Anies.

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © Polri.co.id 2022

Leave a Comment