Anies paparkan transformasi Jakarta 2017-2022 di TIM

Jakarta Polri.co.id – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memaparkan transformasi di Ibu Kota selama 2017-2022 pada forum yang juga dihadiri sejumlah tokoh partai politik di Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta.

“Kami mengundang semuanya, ini kan forum terbuka, jadi saya bersyukur teman-teman menyempatkan hadir dan mudah-mudahan ini menjadi kesempatan untuk melihat sebagian dari yang sudah dikerjakan di Jakarta,” kata Anies di TIM, Jakarta Pusat, Sabtu.

Dalam paparannya, Anies memaparkan program yang dikerjakan di antaranya mengalihkan paradigma pembangunan dari yang berbasis kendaraan pribadi menjadi berorientasi transportasi publik.

Ia menyebutkan, saat ini sudah terjadi perubahan perilaku masyarakat yang beralih menggunakan kendaraan umum. Hal itu terlihat dari peningkatan penumpang angkutan publik.

Berdasarkan data tiga moda transportasi, yakni TransJakarta, MRT Jakarta dan LRT Jakarta, jumlah penumpang per hari pada 2017 mencapai sekitar 489 ribu dan pada 2020 meningkat menjadi satu juta penumpang per hari.

Baca juga: Anies tegaskan transportasi publik kunci lawan perubahan iklim

Secara tahunan, ia menyebutkan, jumlah penumpang di tiga moda itu meningkat dua kali lipat dari 144 juta pada 2017 menjadi 288 juta pada 2020.

Tak hanya itu, dia juga mengungkapkan cakupan masyarakat terhadap layanan transportasi umum meningkat dari 42 persen pada 2017 menjadi 85 persen pada September 2022.

“Ketika terjadi perubahan perilaku itulah tujuan kami dan inilah yang menjadikan kami sebagai dasar untuk memprediksi ke depan targetnya empat juta penumpang per hari pada 2030,” kata Anies.

Untuk mendukung itu, pihaknya melakukan revitalisasi sarana dan prasarana transportasi publik termasuk menata pedestarian dan membangun jalur sepeda.

Hingga saat ini, terbangun 265 kilometer jalur sepeda dan ditargetkan hingga akhir tahun ini mencapai sekitar 300 kilometer (km).

Baca juga: Anies targetkan empat juta penumpang angkutan umum pada 2030

Ia juga memaparkan revitalisasi Kota Tua yang namanya kini kembali menjadi Batavia. Revitalisasi TIM juga sudah rampung, hingga sejumlah taman di antaranya Taman Kota Tebet dan Taman Literasi Martha Christina Tiahahu.

Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang hadir pada forum tersebut mengapresiasi gagasan yang kemudian dinarasikan ke jajaran Pemprov DKI dan programnya diwujudkan.

Ia juga mengaku sempat berbisik kepada Anies bahwa program yang dikerjakan oleh Gubernur DKI itu akan dirasakan untuk masa depan.

“Saya tadi berbisik bahwa tentu ini bukan hanya dirasakan dan diapresiasi masyarakat hari ini tapi juga untuk masa depan,” katanya.

Baca juga: Anies ajak delegasi U20 keliling Jakarta naik bus listrik dan MRT

 

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © Polri.co.id 2022

Leave a Comment